3D STUIDIO MAX
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanyaMAX) adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh
Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet
and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D
Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung
dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max
bisa dilihat di usa.autodesk.com.
Sekilas
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas
digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti
penggunaanplatform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba
bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Metode Pemodelan
Ada5metodepemodelandasar:
•Pemodelandenganprimitif
•NURMS(subdivisionsurfaces)
•Surfacetool
•NURBS
• Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan
menggunakan banyak kotak, bola, “cone”, silinder, dan objek yang telah
disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean,
termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang
dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan
menyatu. Hal ini disebut “pemodelan balon”.
Mental Ray
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merendergambar
atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render
standar max yaitu “Default Scanline”. Mental Ray terintegrasi dengan 3D
Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray
mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek
GlobalIllumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga
menggunakanshader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain
selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final
Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya
masing-masing.
Blender
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
(Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan
disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan
berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan
kata lain, bagiansistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini
menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang,
adalah bentuk dari benda yang memilikipanjang, lebar, dan tinggi.
Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan
matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
(Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalahfilm yang
merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar
yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-”putar” sehingga muncul
efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer,
pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan
akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada
film animasi 2 dimensi.)
Artikel ini akan membahas mengenai tool yang digunakan dalam pembuatan
sebuah animasi dengan menggunakan software Blender yang berbasis open
source. Namun sebelumnya, saya akan bahas definisi dari animasi dan
Blender.
Animasi merupakan sebuah seni untuk menghasilkan gambar 3 dimensi yang
bergerak dengan komputer sebagai media perantaranya. Animasi ini
merupakan pengembangan dari grafik 2 dimensi dan grafik 3 dimensi.
Sedangkan Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar bergerak
melalui penggunaan komputer dan merupakan sebahagian bidang komputer
grafik dan animasi. Animasi semakin banyak dihasilkan melalui grafik
komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak ada. Kadangkala
sasaran animasi adalah komputer itu sendiri, seperti film.
Blender merupakan sebuah perangkat lunak berbasis open source yang tidak
berbayar untuk pembuatan desain animasi 3 dimensi dan juga sedang
popular dikalangan desainer. Perangkat lunak ini juga memiliki fitur
untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi,
seperti:
• Microsoft Windows
• Mac OS X
• Linux
• IRIX
• Solaris
• NetBSD
• FreeBSD
• Open BSD
Salah satu kendala dalam memproduksi film animasi adalah mahalnya biaya
yang dipakai untuk pembelian software. Tapi dengan ‘Blender’, software
3D berbasis open source, semua masalah biaya bisa diatasi. Blender
memiliki banyak sekali kemampuan mulai dari pemodelan 3D, rendering,
shading, animasi 3D, sampai pembuatan game 3D secara utuh.
Panel utama pada Blender yaitu :
MENU
1. File : menu utama seperti pada program Windows lainnya, yang digunakan untuk melakukan new, open, save, close, setting dsb.
2. Add : digunakan untuk menambahkan objek-objek.
3. Timeline : berguna untuk mengatur animasi
4. Game : berguna untuk memulai scripting program game
5. Render : berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6. Help : digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
VIEW PORT
Pada View Port, terdapat 3 objek yaitu Cube, Ligthing dan Camera.
Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. Blender juga
menyediakan berbagai macam tampilan View Port, diantaranya:
1. Animation
2. Model
3. Material
4. Sequence
5. Scripting
TOOL BUTTON
• Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek.
• Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek.
• Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek.
• Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi.
• Rotating / Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah),
pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender
kita menggunakan Median Point.
Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1. Modeling : untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping : untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing : pembuatan textur pada objek.
4. Rigging : untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning : pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi : pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle : untuk pembuatan particle pada objek / model.
About these ads
Jumat, 22 November 2013
3D Studio Max vs Blender
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar